Jumat, 09 Oktober 2009

Sejarah Wml dan Aplikasi

WML merupakan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah halaman yang dapat diperlihatkan atau ditampilkan pada WAP browser. WML merupakan bahasa pemrograman turunan dari HTML, tetapi didasarkan pada bahasa XML. Halaman WML disebut dengan deck, yaitu kumpulan dari card (Utomo, 2006:1). Aplikasi dari WAP dapat digunakan untuk informasi kereta, pesawat, pemesanan tiket, informasi nomor telepon, alamat, dan masih banyak lagi.
a. Struktur penulisan bahasa WML
Cara penulisan program WML berbeda dengan program HTML, yang membedakan adalah script tersebut adalah program WML yang dimulai dengan tag dan diakhiri dengan tag. Program WML ditulis dengan versi XML, sehingga dalam penulisan harus dideklarasikan ke dalam bentuk XML. Apabila tidak, maka WAP emulator atau telepon seluler tidak dapat mengenalinya. WAP server dapat dibangun dengan menggunakan aplikasi apache webserver, sedangkan aplikasi WAP dapat dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman WML.
WML scripts adalah bahasa pemrograman yang digunakan pada
aplikasi WAP, dimana WML dan HTML ada kemiripan. Bentuk dasar
penulisan tag adalah sebagai berikut.


Aplikasi Wml

Sebuah halaman WML terdiri dari header dan body. Dalam header terdapat dua hal yang harus dideklarasikan, yaitu deklarasi versi XML dan deklarasi Document Type Definition (DTD). Deklarasi DTD ini bertujuan agar tipe data document yang kita buat dapat dikenali dengan benar. Deklarasi header WML adalah:

Seperti disebutkan di sebelumnya bahwa suatu file WML terdiri dari tag-tag dan semua tag tersebut memiliki dua atribut id yang digunakan sebagai referensi unik dalam suatu deck dan class yang digunakan dalam sisi server. Bagian body file WML diawali dan diakhiri oleh pasangan dan , pasangan tersebut disebut sebagai deck. Dalam suatu deck terdiri dari satu template dan atau lebih satu card. Level sintaks dalam menyusun suatu deck adalah sebagai berikut:

control akses dan meta information

even pada level card

Menggunakan card

Card merupakan suatu inti dari aplikasi WML, card-card dalam suatu deck merupakan sususnan tampilan-tampilan yang akan kita tampilkan pada browser. Anda dapat berpindah-pindah dari satu card ke lainnya

Contoh:

Hello, World!

Jalankan program tersebut ke dalam browser dari emulator yang telah anda install ke dalam computer, dengan memasukkan alamat file WML tersebut ke dalam URL browser, misal:

file://c:/mywap/helloworld .wml

Navigasi dalam card

Seperti halnya dalam HTML navigasi dalam WML dilakukan dengan cara menentukan URL yang kita inginkan. Untuk menjelajah antara banyak card maupun deck. Anda hanya perlu menentukan URL yang ingin anda buka.

Contoh:

ini card yang pertama

ini card yang kedua

ini card yang ketiga

Untuk menampilkan ketikkan dalam URL browser missal: file://c:/mywap/banyakcard .wml dan untuk berpindah-pindah ke deck yang lain ketikkan alamat URL sebagai berikut file://c:/mywap/banyakcard .wml #tiga Jadi untuk menampilkan suatu card tertentu, tentukanlah URL dengan bentuk sintaks: alamat_URL_deck#card.

Menentukan action pada banyak card

Action pada card dapat anda buat dengan elemen . Action card menyatakan apa yang harus kita kerjakan oleh card jika action tersebut dipicu. Action tersebut dapat dipicu oleh interaksi pengguna (menekan tombol, memilih link, memasukkan teks, ataupun membuat suatu pilihan dari menu).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar